Masakan Tradisionil Mandailing

Masakan Tradisional Mandailing
1. Gule Bulung Gadung
Masakan ini salah satu masakan paling enak yang sangat di sukai orang Mandailing.ini terbuat dair daun singkong muda di tumbuk ditambah lasiak lamot (cabe rawit) serta di tambah arias,rimbang (tekokak) yang di masak bersama dengan santan kelapa.supaya masakan ini tambah enak bisa di tambahkan dengan Gulaen Sale (ikan asap) bisa juga di tambah Parira (Petai) atau Joring (jengkol).

2. Gule ini biasanya masakan yang terbuat dari santan kelapa bisa di tambahkan dengan ikan sale(ikan mas,tingkalang,limbat,haruting,baung)atau ikan basah,di tambah kentang,bisa juga telor itik atau ayam masakan ini juga termasuk masakan yang paling enak yang selalu kita rindukan sebagai seorang Perantau.

3. Gule Asom ini terbuat dari cabe,bawang,ikan basah yang di tambah dengan asom Jorbing,dll masakan inisangant enak dan segar…..

4. Rondang Bolut,ini terbuat dari bolut(belut)yang di asap dimasak dengan ombu-ombu yang di campur dengan rempah-rempah serta di masak dengan santan kelapa.

5.Boyom.ini terbuat dari ikan basah biasanya ikan capet (sepat) ikan aruting (Gabus) ikan piri-piri,haporas,incor,sulum ,burirak,tingkalang,baung,inggit-inggit,ikan patima,dll yang di masak dengan daun pisang di tambah dengan daun kunyit,bawang prei, serta ciak-ciak (daun sereh),lalu di bakar di makan dengan pisang bakar.

6.Sambal Tuk-Tuk ini terbuat dari ikan Asin yang dibakar bisa berupa Aso-aso,ikan tori,balanak dll yang di tuk-tuk (tumbuk)dicampur dengan cabe,bawang,asam,dan garam,masakan ini paling enak bila di satukan dengan gule bulung gadung.

7.Lontong Sayur. ini terbuat dari lontong yang di campur dengan gulai yang terbuat dari kacang merah atau Sibodak(nangka muda) yang ditambah dengan mie lidi,lebih enak bila di tambahkan dengan sambal Lasiak lamot (cabe rawit)

8 Sotoini terbuat dari daging bisa juga ikan yang digoreng di tambah dengan laksa,kentang dan bumbu soto,dimasak dengan menggunakan air bening yang di campur dengan rempah-rempah dan di tambahkan daun sup (saletri)untuk menambah aroma sup

9.SUP ini hampir sama dengan soto kebiasaannya hanya di masak dengan menggunakan daging,tulang Sapi atau Kerbau.
10. Pocal (pecal) masakan ini campuran dari sayur-sayuran yang di rebus kemudian ditambahkan dengan bumbu kacang tanah yang di goreng serta mie lidi.

11. Gado-gado.masakan ini terbuat dari sayur-sayuran yang direbus hampir sama dengan pecal bedanya hanya di bumbu kacang yang dimasak dengan menggunakan santan.

12. Lomang(lemang) ini terbuat dari ketan yang di campur dengan santan dan garam yang di masak didalam bambu muda yang di lapisi dengan daun pisang muda .dimasak dekat api yang membara

13.Alame (Dodol) Ini terbuat dari Campuran tepung ketan dan santan yang di campur dengan gula merah (Aren)di masak dengan menggunakan kuali (penggorengan besar) yang dimasak di atas tungku yang di aduk-aduk sampai kental.proses pembuatan alame ini bisa berjam-jam,bahkan bisa satu hari.

14. Wajid,ini terbuat dari beras ketan yang di masak dengan gula merah (aren) setelah masak di taroh di tempayan besar setelah dingin baru di potong-potong berbentuk ketupat.

15. Katupe (ketupat) ini terbuat dari ketan yang dimasukkan kedalam ketupat yang di masak dengan menggunakan santan.

16.Tape (tapai)ini terbuat dari singkong yang di rebus yang di campur dengan ragi yang di simpan beberapa hari sampai singkongnya mengeluarkan air dan aroma yang sedap

17.Joruk.ini terbuat dari durian yang busuk yang dimasukkan kedalam bambu,cara memasaknya durian dicampur dengan cabe,yang di masak dengan cara di boyom (dimasak dengan menggunakan daun pisang lalu di bakar)

18.Bolgang,ini terbuat dari sayur kacang,terong,daun singkong muda,dll yang di masak dengan dengan cara di rebus,masakan ini sangat nikmat bila di campur dengan sambal tuk-tuk.

19.dll

Resep-Resep Masakan Tradisional Mandailing
MASAKAN NUSANTARA
Mohon bantuannya untuk menambahkan atau memperbaiki atau menambahkan nama -nama masakan serta resepnya ke email kami sihepenghsb@yahoo.com untuk menghindari adanya pengakuan masakan dari negara tetangga kita,suatu saat akan kita minta di daftarkan sebagai masakan asli tradisionil,orang mandailing (orang Batak)atau masakan tradisional Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: