Sihepenghsb

Menurut cerita orang tua jaman dulu,nama Sihepeng itu asal mulanya dari saudagar-saudagar yang bepergian berjualan keluar daerah,setiap mereka pulang berdagang mereka selalu menunggu teman di jembatan yang tempat dulu jatuhnya duit orang Belanda,karena di daerah saya ini Duit itu biasa di sebut “Hepeng”makanya mereka sebut jembatan Sihepeng,dari situlah diberi nama Desa Sihepeng.

Desa sihepeng tempat saya di besarkan,mulai dari kecil sampai saya meranjak dewasa.Banyak kenangan yang tidak bisa saya lupakan,di antaranya diwaktu tengah malam yang gelap gulita dan sunyi saya sering duduk dipinggir jalan meniup seruling,menyanyikan lagu Ungut-ungut/Onang-Onang,ditengah malam suara seruling sangat indah untuk didengarkan,banyak orang yang sedih bahkan bisa menangis karena mendengarkan lagu ungut-ungut/Onang-onang.

Ketika mendengarkan lagu Ungut-ungut/onang-onang yang kita pikirkan saat itu adah sesuatu yang sedih yang pernah kita alami,musik ini adalah salah satu cirikhas orang mandailing.masih banyak lagi jenis musik dari daerah mandailing misalnya :Tulilla,Uyup-uyup dll.

Adapun tujuan saya menyajikan lagu ini,hanya untuk menghibur saudara-saudara yang berasal dari daerah mandailing,yang berada di perantauan yang rindu dengan kampung halaman,tapi tidak bisa pulang kampung.
Mungkin bagi saudara-saudara yang lupa akan kampung halaman,dengan mendengar musik ini akan tergugah hatinya untuk pulang ke kampung walaupun cuma satu kali dalam satu tahun di hari Lebaran.
Terutama buat abang saya yang berada di Malaysia,kami sangat rindu menantikan kehadiran abang di kampung,semenjak kepergian ibunda kita tercinta abang tak pernah menengok kuburan ibu…….apakah abang sudah lupa sama kami di sini.

Leave a Reply

