Kopi Takar dari Mandailing

Sumber :Liputan6.com,

Mandailing Natal: Anda penikmat kopi sejati? Nampaknya kegemaran Anda belum lengkap rasanya jika belum menikmati kopi takar khas Mandailing Natal, Sumatra Utara. Penyajian kopi ini tergolong sederhana namun unik karena wadahnya berasal dari tempurung kelapa dan sendoknya diolah dari kulit kayu manis.

Untuk menikmati secangkir kopi tersebut, Anda bisa memperolehnya di sebuah kedai kopi sederhana di Jalan Aek Godang, Panyabungan, Mandailing Natal. Setiap pagi, tempat tersebut selalu ramai didatangi sejumlah orang penikmat kopi asli takar.

Pemilik kedai kopi, Farida pun selalu terlihat sibuk menyiapkan racikan kopi untuk para pelanggannya. Sekilas kopi tersebut tidak jauh berbeda dengan kopi biasa, namun penyajiannya yang unik itulah yang membuatnya menjadi khas.

Untuk secangkir kopi, Farida biasa menggunakan bahan kopi Arabica yang diperoleh dari Desa Pakantan, Mandailing Natal. Selanjutnya kopi Arabica itu diberi campuran gula aren dan sedikit susu kental manis. Yang membuat penikmatnya ketagihan adalah kayu manis sebagai sendok pengaduk kopi. Dengan kombinasi kayu manis itu, aroma kopi menjadi terasa berbeda.

Nah, bagi Anda penikmat kopi sejati, sudah saatnya mencoba menu kopi spesial ini. Harga satu porsi kopi takar Rp 3.000. Jadi selamat mencoba.
—————————————————————–

Di daerah mandailing terutama di desa sihepeng hampir semua orang tua terutama bapak-bapak masih suka mengkomsumsi kopi,sampai sekarang di sihepeng masih banyak berdiri kedai kopi yang menyediakan kopi khas sihepeng,biasanya pemilik kedai kopi membuat sendiri kopi dengan ramuan tersendiri yang menjadi ciri khas kedai kopi itu sendri,tapi sekarang pohon-pohon kopi di sihepeng sudah mulai berkurang digantikan dengan tanaman coklat yang harganya jauh lebih mahal dari pada kopi.

Di Desa sihepeng masih ada yang membuat bubuk kopi yang bagus,yang di pasarkan ke luar desa sihepeng.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: