Evakuasi Korban Gempa Di Hotel Ambacang

Hotel ambacangDi reruntuhan Hotel Ambacang, puluhan petugas evakuasi masih berusaha mengevakuasi korban gempa. Kekurangan alat berat dan data tamu hotel menjadi kendala proses evakuasi.“Alat beratnya cuma satu, jadi masih cukup sulit untuk mengevakuasi korban,” kata Reza, salah seorang petugas evakuasi, di depan Hotel Ambacang.

Kekurangan peralatan ini membuat pertolongan menjadi lambat. Reza menjelaskan saat memberikan pertolongan Kamis (1/9) kemarin, ia menyaksikan 3 orang yang masih hidup terjepit hingga tewas karena sulit untuk dikeluarkan. “Saya menemani mereka hingga ajalnya,” katanya.

Reza mengungkapkan sampai saat ini belum ada data dari manajemen mengenai jumlah pasti tamu hotel tersebut. “Kemarin saya menolong 30 orang. Ada yang mati dan juga ada yang selamat,” katanya.

Saat ini puluhan regu penolong masih berupaya menyingkirkan puing-puing hotel tersebut. Satu buah alat berat telah berada di lokasi untuk menyingkirkan puing-puing di hotel yang ambruk tersebut.
Hal mengejutkan terjadi saat evakuasi korban gempa di reruntuhan Hotel Ambacang, Kota Padang. Ada 8 orang korban selamat di antara puing bangunan dan bahkan berhasil menelepon keluarganya.

“Mereka (yang tinggal) di lantai 6. Ada 8 orang yang masih hidup dan berhasil menelepon keluarganya,” kata Susno, seorang petugas evakuasi yang merupakan anggota satuan Brimob.

Berdasar kabar tersebut, 5 orang petugas evakuasi mencoba menuju lokasi korban yang berhasil bertahan itu. Khusus untuk mencari 8 orang itu, petugas melakukan pencarian secara manual tanpa alat berat.

“Kalau bisa jangan menggunakan alat berat nanti bisa roboh. Kalau roboh (korban selamat) nanti bisa kena (reruntuhan juga),” ujar Susno.
Bagian lain yang diduga banyak korban terkubur adalah kolam renang hotel. Kolam renang itu terletak persis di tengah hotel dan kini dipenuhi reruntuhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: