Sayur Pakkat (Rotan Muda)

“Pakkat” Makanan Idola di Bulan Ramadhan

Panyabungan, 08 September 2008

Bulan suci ramadhan membawa keberkatan sendiri bagi para pedagang, terutama pedagang jenis makanan musiman. Salah satu makanan yang paling digemeri di panyabungan kabupaten mandailing natal ( MADINA ) pada bulan ramadhan adalah pangkat. Disetiap pasar di madina, pangkat menjadi rebutan utama para pembeli disamping jenis makanan lainnya. Pangkat adalah pucuk sejenis rotan yang lembut, dikonsumsi sebagai ulam ketika makan nasi.

Tapi banyak juga warga madina yang langsung menempatkan pangkat sebagai sayur gulai, tidak sebatas ulam. Tergantung selera masing – masing. Rosnita, warga panyabungan missal nya, ia selalu menjadikan pangklat sebagai sayur gulai untuk kleluarga dirumah. Namun , kebanyakan orang madina tetap mengkonsumsi pangkat sebagai ulam.

Pangkat jarang muncul di pasar – pasar madina. Jika hari – hari pasar saja pucuk keluarga rotan ini di jual. Di pasar panyabungan misalnya, hanya hari kamis yang bisa di dapatkan. Tapi ,di bulan romadhan pangkat selalu muncul tiap hari sebulan penuh.

Pedagang pangkat yang paling terkenal dimadina adalah khoir nasution ( 75 ), warga kayu jati, panyabungan. Dia merupakan pemasok pangkat ke berbagai pasar di madina, yakni pasar panyabungan, pasar kota nopan, pasar si hepeng, pasar si nonoan dan berbagai pasar lainnya.
Kepada METRO, minggu (7/9), khoir mengaku sudah sekitar 40 tahun lamanya dia menekuni bisnis jual pangkat. Dan selama sebulan penuh pada ramadhan, permintaan pangkat cukup tinggi dari pedagang – pedagang pengecer.” Selama sebulan ini, saya harus memenuhi seluruh pelanggan dari berbagai pasar di madina,” tuturnya.

Pangkat sudah identik dengan khoir.tiap bulan ramadhan, kediaman khoir senantiasa di sibuki dengan proses pembakaran pangkat sebelum di operasi kepada para pedagang eceran di berbagai pasar di madina. Jenis pangkat menirut khoir, banyak ragam nya serta cita rasa.paling tidak ada empat jenis pangkat, yakni pangkat raja,pangkat andaling,pangkat air, dan pangkat lolap. Pangkat raja banyak ditemukan di mandailing dengan rasa pahit manis. Pangkat raja merupakan jenis yang paling digemari konsumen karena rasanya yang pahit manis.di rao, pasaman, Sumatra barat ,juga banyak ditemukan pangkat raja itu.

“Yang kami pasarkan selalu jenis pangkat raja.saat ini, pasokan hanya dating dari rao, pasaman. Rata –rata satu hari pesanan sebanyak 1000 batang selama bulan ramadhan. Karena di madina potensi pangkat raja semakin minim, makanya kita passok dari rao,”katanya. Pangkat air berasal dari natal,madina. Rasanya pahit. Pangkat andaling berasal dari siabu, madina. Rasanya juga pahit. Sedangkan pangkat lolop juga dari kawasan mandailing, rasanya juga pahit.

Pangkat yang di jual di pasaran umumnya ber ukuran sepanjang sekitar satu meter ber diameter sebesar sekitar tongkat sapu. Pangkat harus dibakar terlebih dahulu agar umbi yang di dalam masak . bagian pangkat yang di konsumsi adalah dagian dalam batang pangkat yang lembut. Menurur khoir harga pangkat saat ini Rp 2500 hingga Rp 3000 per batang , tergantung ukuran diameternya.” Tapi satu hal yang belum banyak diketahui orang madina. Bahwa sebenarnya, pertama kali yang mengetahui pangkat ini makan adalah orang mandailing,” ungkap khoir.

Itu di ketahui pada masa penjajahan belanda di tanah mandailing.” Ketika itu, pekerja rodi yang membuka jalur jalan kea rah natal selalu kekurangan makanan. Ketika itu mereka mencoba pucuk sejenis rotan yang lembut,ternyata enak dijadikan ulam makan nasi. Jadilah sampai kini pangkat di gemari sebagai lauk,” papar khoir. (**)

METRO TAPANULI
TGL : 8 / 9 – ‘08
HAL : 9
KOL : 3-6 / 3-5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: